KAYU NAGASARI ( MESUA FERREA LINN )

Pohon nogosari ( mesua ferrea linn ) asalnya dari India , banyak ditanam dihalaman atau kebun dibawah 1300 m dpl didaerah Jawa dan Bali , bisa mencapai tinggi 20m dengan diameter 50 cm . Yang dianggap bertuah umumnya terdapat di makam-makam tokoh sejarah , misal Raja , Ulama seperti di Imogiri , Kotagede , Kudus dan Gunung Muria.
Daun yang muda berwarna merah, duduk berhadapan , bunga besar dengan 4 helai daun mahkota yang berwarna putih , berbau wangi.
Sedang buahnya berkulit keras disebut Gandhek berisi 1 – 4 biji . Mulai akar , daun , bunga sampai kulit dan kayu dimanfaatkan untuk obat dan azimat penangkal bahaya .
Kuncup bunga yang masih tertutup disebut sari kurung atau cangkok kurung . Sedang kuncup bunga yang telah terbuka disebut sari mekar atau cangkok mekar . Benang sarinya harum , dinamakan podhisari atau sari naga / sari cangkok . Bunga yang telah diambil benang sarinya ditumbuk halus menjadi obat-obatan disebut sari cangkok . Semua ini menjadi bahan campuran berbagai obat racikan .
Menurut pengalaman banyak orang , segala penyakit yang mempunyai efek panas badan dapat disembuhkan dengan nogosari , baik dengan seduhan dalam air mulai dari biji , serpihan kayu , daun , bunga atau kulit kayunya .

produk lainnya klik DISINI

Galih Kayu Nagasari Nyi Ageng Bagelen dan Galih Kayu Awar Awar



Kulit kayu Nogosari berwarna coklat , jika sudahtua menjadi coklat kehitaman atau coklat dengan serat serat hitam .
Kayu yang dianggap mempunyai daya gaib istimewa terutama yang dari makam leluhur . Untuk mendapatkannya dianjurkan puasa mutih ( hanya makan nasi dan minum air putih ) selama beberapa hari .
Kayu Nogosari termasuk keras dan ulet , sebaiknya setelah dipotong jangan dijemur , tetapi setelah agak kering buatlah barang yang diinginkan , misal tongkat , pipa , mata cincin , liontin dan sebagainya .
Tuahnya : keselamatan , kewibawaan , pengobatan , perlindungan terhadap orang jahat/jin jahat , binatang berbisa , anti tenung dan black magic .



Baca Juga : Galih Kayu Kelor , Teras Gemunggal