KAYU CENDANA ( SANTALUM ALBUM )


Cendana / Cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana . Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah , bahan dupa , aroma terapi , campuran parfum, serta sangkur keris ( warangka ) . Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad .
Konon di Sri Lanka , Kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9 .
Di Indonesia , kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur , khususnya di Pulau Timor , meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya .
Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya . Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya , karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya . Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan .

Kayu cendana wangi ( Santalum album ) kini sangat langka dan harganya sangat mahal . Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya . Di Indonesia , kayu cendana dari Timorjuga sangat dihargai . Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi ( Santalum spicatum ) .
Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya , dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda .

Manfaat kayu cendana :
- Sebagai bahan parfum dan wangi wangian ( campuran parfum , aroma terapi , bahan pembuatan dupa , dsb )
- Untuk Kecantikan , berfungsi untuk mengontrol kulit berminyak serta mengencangkan pori - pori . Cendana juga dapat mengatasi kulit keriput . Caranya dengan mengoleskan pasta bedak cendana , air mawar , dan gliserin pada wajah secara teratur . Masker ini dapat menjadikan kulit lebih bersih dan tampak lebih muda .
Masker kayu cendana yang digunakan secara teratur dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah .
- Sebagai bahan herbal biasanya bagian yang digunakan adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana yang diperoleh khusus dari jenis pohon aromatik cendana atau Santalum album . Minyak ini banyak dikenal karena aroma dan sifat obatnya yang menakjubkan , serta juga banyak digunakan untuk meditasi dan ritual .
Minyak Cendana memiliki manfaat , sebagai berikut :
- Anti mikroba ,
- Mengatasi peradangan ,
-  Anti Septik ,
- Mengendalikan tekanan darah ,
- Mengendalikan stres dan kecemasan ,
- Dsb .


liontin Kayu Cendana
 
 
 
 
Baca Juga : Kayu Nagasari , Galih Kayu Nagasari